Kamis, 16 Juli 2015

Comeback



Assalamualaikum
Finally!! Setelah hampir setahun hiatus dari aktivitas nge-blog. Dari yang jarang posting sampe ga pernah sama sekali, dari gue lebih muda setahun sampe nambah umur setahun, dari gue kece sampe gue tambah kece, dari personel EXO hampir bersebelas sampe sisa bersembilan, dari gue tinggal di bumi sampe pindah ke planet lain… kalo kalian nyangka ini hiperbolis ya nggak papa. Tapi, nggak juga sih. Ini bisa dimaknain sebagai makna denotatif dan konotatif. Terakhir gue ng-blog, setahun lalu gue masih tinggal di belahan bumi di Bogor. Sekarang udah pindah planet. Yang kemaren-kemaren kata orang rame banget di bilang planet baru di tata surya, yaitu planet Bekasi!! Nggak pake becanda loh. Sampe-sampe gue yang masih kuliah di Bogor kemaren-kemaren kudu nyewa pesawat jet sendiri biar hemat waktu. Saking lamanya gue nggak nge-blog, dari gue masih jadi mahasiswa tingkat hampir akhir yang masih unyu walopun udah kurang fresh gara-gara tugas makin banyak numpuk sampe sekarang gue udah fresh lagi, fresh graduate, alias baru Sarjana. HAHAA!! Iya, gue udah Sarjana Alhamdulillah… walaupun prosesnya bikin pusing pala Barbie tapi ya nggak papa lah. Udah lewat juga. Tapi, asli deh. Kalo dipikir-pikir perasaan lama bener. Pas gue baca postingan terakhir, itu dari gue lagi broken-hearted gara-gara personel EXO ada yang cabut, iya beneran itu postingan tentang gituan. Kan gue udah bilang someday gue bakal ngetawain itu postingan, which is hari ini…. Yang walaupun dari dalam hati yang terdalam masih kangen EXO yang dulu hiks…  ya tapi yang jelas setelah postingan terakhir itu udah banyak banget yang gue lewatin. Nggak lama setelah itu gue magang KKL di salah satu instansi pemerintah di Bogor selama sebulan. Beres itu kudu nyelesein laporan yang lumayan makan waktu beberapa bulan karena molor dikerjain. Nggak lama abis KKL aja gue mesti pindah rumah ke planet lain. Banyak yang mesti disesuaikan sama lingkungan baru. Yang cuacanya aja 180 derajat beda banget sama tempat tinggal gue yang dulu. Belum lagi adaptasi sama jadwal kuliah yang mulai rancu gegara jarak membentang antara rumah sama kampus. Must be the most tiring phase. Sambil mulai dipusingin sama draft skripsi yang mesti udah masuk ke prodi. You can guess the rest of the story sampe gue udah jadi Sarjana gini. Banyak banget sih momen yang pengen banget gue tulis di blog kemaren-kemaren. Walaupun gue tau yang baca juga gue sendiri. Tapi adalah saat-saat yang pengen banget gue share di Blog as I used to. Kayak pas ulang tahun taun kemaren. Biasanya gue rajin posting sebelum atau sesudah ulang tahun. Yah, sekedar berkeluh kesah tentang ‘uh, gue tmbah tua lagi’ atau ngucapin harapan-harapan yang pengennya bisa terwujud di tahun-tahun ke depan. Memuntahkan sedikit ke-eneg-an sama skripsi beberapa bulan kemaren, yang bukan rahasia lagi, gue paling suka nge-blog disaat-saat genting atau pas lagi kepepet buat Cuma sekedar cari distraksi. Blogging was always been my best distraction. Atau sekedar nge-review my favorite books. My hottie Percy Jackson, yang gue selesein dua bukunya selama masa pembuatan skripsi. Nggak nge-blog, ya ini salah satu distraksi gue yang lain yang nggak kalah ampuh. Padahal buku keempat serial The Heroes of Olympus yang judulnya House of Hades udah gue anggurin setahun lebih, sampe buku yang kelimanya udah keluar dan ebooknya udah gue download juga –oops—tetep aja tu buku ga beres-beres. Sampe akhirnya masa itu pun tiba. Masa-masa kelam dalam hidup gue yang sampe sekarang masih berasa banget malesinnya kalo udah disinggung-singgung soal skripsi. Gue ngerti deh kenapa ada yang namanya MAPALA yang udah berates-ratus semester tetep nggak lulus-lulus. Salah satunya ya pasti karena dahsyatnya pengaruh skripsi terhadap minat mengerjakan dari para mahasiswanya. Tuh kan, kalimat gue aja udah mirip ama judul skripsi dua variabel. Nggak heran kalo mahasiswa kurang dukungan dan motivasi ditambah iman yang kuat pasti proses pembuatan skripsinya Cuma maju mundur cantik. Yah masih mending ketimbang udah mundur nggak maju-maju lagi. Syukurnya gue masih termasuk, entah orang yang beriman kuat atau Cuma lucky, jadi bisa ngelewatin semua ini. Jadilah sebulan yang lalu. Asli! Sebulan pas banget hari ini, watu gue nulis ni postingan, tali toga gue baru dipindahin sama Rektor. Tadinya pengen juga sih posting satu judul khusus buat momen ini tapi ya daripada ketemu malesnya kayak kemaren-kemaren trus malah nggak di posting sama sekali, jadinya gue satuin aja momen wisuda-wisudaan sama ni postingan.

 

















Padahal foto-fotonya mayan lah, tapi karena di kamera siapa aja gue nggak tau jadi baru segini yang ada hiks…
Tapi sih sebenernya bukan Cuma blog yang gue anggurin. Hampir semua medsos gue yang ada juga udah jarang banget gue sign in. Macam tumblr yang udah dari kapan tau, yang mungkin kalo gue buka lagi udah ada sarang laba-labanya. Trus postingannya gue cek udah pada karatan semua. Trus, sebangsa twitter yang isinya Cuma orang-orang ngoceh. Yang pas di cek timeline lebih banyak orang curhat ketimbang info-info bermanfaat. Nggak bisa disalahin juga, itu sih guenya aja banyak follow akun-akun pribadi ketimbang yang sarat informasi. Yang jelas udah malesin banget. Paling gue buka seperlunya alias kalo ada perlu doang, yang harus dan kudu banget pake twitter. Facebook dan apalah apalah itu juga udah kemana tau. Paling banter yang masih rutin gue buk ya instagram. Selain karena jadi objek penelitian skripsi gue kemaren—oke bahas ini Cuma sampe sini aja ya—instagram seru aja buat hiburan. A picture worth thousands words. Jadi seru aja liat foto-foto orang. Kadang jadi inspirasi buat diri sendiri. Walaupun masalah update meng-update tetep aja nggak sering-sering banget. Sekarang sih udah males aja ngikutin medsos. Paling yang dimaksimalkan ya aplikasi-aplikasi instant messaging. A lot of things happened in a year ya.
Oya, kayaknya nggak nyampe dua minggun lalu gue, accidently, end up di Malaysia. Alhamdulillah… rejeki anak sholehah di bulan puasa. Singkat banget ga pake persiapan. Soalnya bukan dalam rangka liburan juga. Ya, bisa dibilang sih asistensi kerjaan bokap. Nggak tau deh gimana caranya itu gue tiba-tiba nyampe di sana. Tengah malem lagi. Karena konteksnya kerja juga jadi emang ga lama-lama amat. Walaupun Alhamdulillah sih masih sempet ngiterin KLCC. Itu juga Cuma sehari. Pengalaman pertama gue backpacker-an yang bener-bener backpacker. Ga ada persiapan banyak dan karena emang nggak ada rencana banyak dari rumah, jadi pas berangkat ya gimana ntar. Jadi pas nginep di airport, without pillow and blanket, udah nggak nyenyak tidur, kedinginan, plus sakit badan pulak. Anehnya lagi gue Cuma berdua aja sama kakak gue kelieran tiga hari dua malem. Secara it was sama-sama our first time. Soalnya, di hari pertama langsung nganter bokap plus rombongan jemaah lainnya yang berangkat umroh lewat Malaysia. Alhasil gue duaan ditinggalin aja kaya anak ilang. Gue masih inget pas nge-dadah-in bokap yang mau masuk ruang tunggu. Serasa nganterin tapi serasa ditinggal juga. Planga-plongo depan pintu keberangkatan yang tulisannya “Pelepasan Antarbangsa”. Semacam wisuda internasional gitu ya? Hahaa. Kalo dipikir-pikir aneh aja. Gue timbang ke Bogor doang aja bokap wanti-wanti. Nah, ini anak gadis bedua ditinggal di negeri orang udah kayak nggak bakal kenapa-kenpa aja. Haha… bokap ya kalo buat urusan kerjaan, karena kita bedua disuruh minimal friendly sama airport-nya karena bakal banyak urusan di sana mungkin kedepannya, jadi ya dibiarin gitu aja buat latihan dan pelajaran. Ketimbang gue izin maen ke Jakarta atau ke Bogor which is bagi dia dysfunctional gitu. Bokap gue mah gitu orangnya….
Tapi emang gue akuin sih, meskipun tetanggaan tapi tingkat keamanan di public place-nya, Inonesia sama Malaysia atau Singapore itu beda jauh banget kayaknya. Kalo di Indonesia apa-apa suruh “awasi barang bawaan anda” karena kalo lengah beneran itu ya udah terkenal banget cepet raib-nya. Tapi selama gue stay di Malaysia, khususnya di airport yang notabene public place, aman banget barang bawaan mau digeletakin dimana juga. Airport-nya juga lebih cozy dibandingkan di Indonesia. Segala ada mall elah. Walaupun sekarang Indonesia juga system dan kenyamanan juga udah jauh meningkat pesat. Trus di sana juga transportasinya nggak ribet. Di Indonesia juga sih, jangan takut nggak ada transportasi kemana-mana. Tapi karena terlalu banyak pilihan jadi keliatannya semrawut dan musingin. Semacam ada transportasi umum yang official dan enggak. Yang seru juga gue bisa ngerasain naik bus dua tingkat (double-decker) yang buat keliling tempat wisata di sana. Seru juga bisa mantengin Petronas Twin Tower. Yang biasa gambarnya gue ambil dari google trus gue edit di photoshop buat bikin poster, spanduk, leaflet atau buat di website, ngeliat langsung tuh rasanya takjub aja gitu ya. Banyak lah pengalamannya. Oya, yang lucunya sih penggunaan bahasa disana menurut gue rada bingung juga buat turis Indonesia. Kalo untuk paham tulisan sih masih okelah. Masih rada-rada bisa dimengerti. Tapi kalo ngomong itu loh, fuuuuuhhh, ko beda ya sama kalo yang ngomong upin sama ipin. Buat gue dengerin serius orang sana ngobrol aja masih sulit apalagi yang sekilas sepintas. Udah gitu kalo mau komunikasi juga jadi rada canggung. Kalo kita pake bahasa Indonesia kayaknya mereka dengernya rada aneh dan gelid eh, tapi kalo kita pake bahasa inggris juga kadang dijawabnya tetep pake bahas melayu. Bingung nggak tuh, mending pake bahasa apaan. Syukurnya sih masih gampang banget komunikasi secara kita serumpun.











Jadi, pengalaman kemaren itu jadi yang pertama buat gue. Ya, walaupun sebenernya katanya it wasn’t my first time abroad. Karena dulu, Dulu banaget sampe gue nggak inget kapan dan gimana kalo nggak liat fotonya, gue emang sempet ikut pas bokap nyokap umroh dan transit di beberapa Negara. Which are gabisa jadi hitungan gue sama sekali. Tapi mudah-mudahan jadi pembuka pengalaman-pengalaman untuk urusan-urusan gue ke depannya. Yang jelas, setelah mengalami langsung, gue ngerasa bisa survive dimana aja, backpacker-an kemana aja, selama masih ada mushola sama air bersih. Untungnya di sono kan mayoritas islam juga. Dimana-mana pasti da mushola alias surau. Nggak susah mau turun dimanapun dan sholat. Pokoknya overall kesannya oke deh. Walalupun sebenernya suasana di sana anggak beda jauh sama di Indonesia. Jadi, keliling-keliling sendirian pun masih beras kayak di kampong sendiri hehe…
Lumayan juga nih gue ngetik. Pengen ada lagi sih yang ditulis, tapi ntar lagi kali ya. Malam takbiran nih… jadi segitu dulu aja. At least gue udah ngelepas rindu sama ni blog.
Minal aidin wal faidzin buat semuanya… mohon maaf lahir bathin...


0 komentar:

Posting Komentar

Photobucket