Selasa, 05 Juni 2012

The Incredible Family


Quick update. Sekarang. Hari ini. Menit ini. Detik ini. Gue sama kakak gue, sama nyokap gue, sama bokap aja baru selese ngangkat motor. Iya! Ngangkat motor beneran! Ini bukan sulap, bukan sihir atau superman apalagi Limbad. Kita, sekali lagi gue, sama kakak gue, sama nyokap gue, sama bokap gue baru aja ngangkat motor.

Jadi awalnya begini ceritanya. Tadi siang bokap gue masukin motor trail-nya ke dalem setelah bertahun-tahun dipajang di halaman rumah sampe lumutan. Gue aja syok pas pulang kuliah liat motor menyambut gue di depan pintu dapur. Jeng jeng! Nyokap gue bilang bokap berencana mindahin tu motor ke loteng atas. Tapi nungguin gue sama kakak gue pulang dulu biar ada yg bantuin soalnya tu motor berat banget. Gue udah kebayang gimana jadinya naikin motor ke lantai dua. Motor men!

Udah selesai sholat isya, sekitar jam 9an tadi bokap gue menyuluh semua orang di rumah kecuali si duo kurcaci mumu dan chaca yg di suruh stay away dari area tangga. Sebelum kejadian tragis ini bermula kita sempet nge-joke soal kita-kita yg bisa ngalahin Limbad. Emang Limbad doing yg bisa ngangkat motor?!  Oke, gue udah ready.  Gue bertugas megangin tali tambang yg diiket ke ban motor. Kakak gue kebagian megang tali rapia yg juga diiket ke ban motor. Satu anak tangga, dua anak tangga… sumpah itu rasanya mau mati banget. Gue udah pengen banget nangis saking beratnya tu motor. Tangan gue udah sakit banget. Sementara nyokap dan bokap gue nahanin body-nya. 

Dengan perjuangan poll hampir boker di celana, akhirnya tu motor sampe di anak tangga yg agak lebar gitu. Gue udah lega. Minimal tu motor setengahnya udah bisa napak. Tinggal tiga anak tangga lagi. Tapi tiga anak tangga terakhir ini arahnya muter 90 derajat. Jadi tu motor harus belok baru bisa ditarik lagi keatas. Nah, disinlah masalah bermula. Tanpa disangka dan tanpa dinyana anak tangga yg agak lebar tapi nggak selebar lapangan bola itu malah jadi penghalang. Mau dibelokin nggak muat. Belakang mentok dinding. Di geser-geser dikit stang nyangkut di pegangan tangga.

Disinilah semua derita dan perjuangan terlihat begitu nyata.  Gue nggak bisa ngegambarin semrawutnya kejadian tadi. Dan gue masih mau nangis. Gimana enggak, setiap ada cara ada juga yg mentok. Pantatnyalah mentok dinding. Bannya lah mentok, stangnya lah, knalpotnya lah, blablablaaa. Untungnya tambang gue udah bisa dililitin di tiang jadi udah agak aman. Bagian kasiannya adalah kakak gue yang harus megangin rapia. Bayangin dong tali rapia!

Bokap nyokap gue masih terus berkutat dengan ngangkat-ngangkat body-nya sementara kendalinya ada di tambang gue. Gue agak bangga juga disuruh megang kendali. Tapi ini bukan saatnya berbangga-banggaan. Akhirnya setelah nggak tau berapa jam berlalu, gue sama kakak gue ditugasin ngambil kayu di depan buat ngangkat ban atau body-nya atau apa aja yg bisa diangkat. Setelah yakin kedua tali diiket di tiang gue sama kakak gue pergi nyari kayu yg panjangnya kalo diibaratin coki-coki bisa nggak abis setaun. Abis itu kita disuruh dudukin tu kayu buat nahan. Dan, jengjeng! Masih belum bisa juga. Double kampretos.

Bokap gue udah ngos-ngosan dan abis tenaga. Mau ditinggalin gitu aja tu motor di tangga, kita semua nggak bisa turun. Mau diturunin lagi tu motor susah. Mau dipaksa naikin mentok. Gue udah pasrah aja kalo disuruh tidur di loteng mala mini. Akhirnya setelah perjuangan dgn berbagai cara bokap gue memutuskan untuk ngelepas buntut motor itu. Tapi kuncinya dia lupa naroh dimana jadi kita nungguin milah-milih kunci dulu. Sementara itu nyokap gue masih bisa narik napas dan santai-santai dulu. Nah, gue megangin tambang. Sebenernya bisa aja tu tambang gue lepasin tapi gue ngeri sendiri kalo tiba-tiba jadi longgar iketannya. Lagian tangan gue udah mati rasa. Kalo gue lepas malah terasa banget sakitnya telapak tangan gue. Akhirnya dengan doa dari semua orang, buntut+jok+knalpotnya lepas juga. 

Sekarang tugasnya tarik menarik lagi. Sumpah waktu itu tenaga gue udah abis banget tapi gue paksain narik. Hasilnya dengan keajaiban Tuhan yang maha esa tu motor sampe juga dengan selamat di loteng. Gue sama kakak gue langsung sujud syukur tanpa berenti baca hamdalah. 

Walaupun badan gue pada sakit semua tapi pelajaran yang gue ambil mala mini adalah ternyata bener kalo Allah tu ngasih ujian nggak akan jauh dari kemampuan manusianya. Gue ngulang kata-kata itu pas proses ‘pengangkatan motor’ berlangsung. Dimana ada masalah pasti ada jalan. Dimana ada kemauan pasti ada jalan. Orang yg bersungguh-sungguh pasti akan berhasil. Man jadda wa jadda. Nothing is impossible. Semuanya bener. Sepanjang prose situ gue berdoa aja masalah ini ada penyelesaiannya karena gue nggak mau tidur sambil megangin tambang. Dan buktinya setelah 1 setengah jam, yg kaya selamanya , brjihad akhirnya kita berempat bisa bernapas lega.

Dan dari mala mini jug ague ngerasa kejadian tadi mirip keluarga The Incredible. Bedanya duo kurcaci (adek gue) nggak ikutan kecuali tugasnya yang ngangkatin jok yang udah dilepas. Dan gue rasa itu nggak incredible. Intinya gue mala mini berasa wonder woman deh!

Kayaknya udah cukup gue curcol-nya. Telapak tangan gue juga masih sakit banget waktu ngetik ini postingan. Yang tadinya gue pengen ngelanjutin naskah malah berakhir jadi kuli. Yasudahlah, setiap kejadian pasti ada hikmah dibaliknya dan Alhamdulillah hikmahnya mala mini banyak banget, selain badan dan tangan gue yg pada sakit T_T


1 komentar:

White Ranger mengatakan... Reply Comment

LOL ROTF

Posting Komentar

Photobucket