Selasa, 31 Januari 2012

Dreams=Me



Kalau ditanya mimpi, gue akan jawab dengan cepat mimpi gue adalah keliling dunia. Berasal dari mana mimpi gue ini, entahlah. Yang jelas sampe saat ini mimpi gue masih sama, keliling dunia. Ngomong-ngomong tentang mimpi entah kenapa mimpi selalu jadi hal paling menarik buat gue. Setiap orang pasti punya mimpi. At least, pernah bermimpi. Nggak peduli tua atau muda, kecil atau besar, kaya atau miskin. Semua PASTI punya. Yang membedakan cuma apakah kita tipe orang yang bermimpi lantas mengejarnya atau bermimpi tapi tidak berusaha mewujudkannya. Gue sendiri nggak tau apa yang gue lakuin saat ini termasuk dalam tahap ‘mengejar’ mimpi atau enggak.

Waktu kecil orang dewasa paling hobi nanya cita-cita. Dan pada dasarnya anak kecil suka ngejawab kalo nggak jadi dokter, pilot, polisi, atau pramugari. Gue sendiri inget waktu kecil pengen jadi pramugari tapi berhubung kaki gue nggak mulus karena sering digigitin nyamuk orang tua gue sering bilang kalo gue nggak akan bisa jadi pramugari. Gue mundur teratur. Memang, orang tu macam apa ini? HAHA. Tapi pramugari bukan mimpi gue yang sebenernya. Setiap ditanya cita-cita gue apa, gue lebih suka menjawab  dengan, “jadi bidan.” Haha, ini emang kocak abis. Entah dapet ide darimana tapi gue masih ingat jelas kalo gue pengen jadi bidan yang bisa nolong orang melahirkan. Anehnya, sampe sekarang aja gue takut liat darah diri sendiri pas datang bulan, ups. Gue rela nggak kencing seharian kalo lagi dapet, gimana bisa gue jadi bidan. Yang ada gue sempoyongan duluan liat darah segitu banyak. Mungkin karena gue suka anak kecil. Alasan yang ini juga agak nggak masuk akal berhubung waktu ditanya gue juga masih kecil. Heran deh.

Kita tinggalkan masa lalu. Orang sukses selalu melihat kedepan. Masa lalu itu cuma perlu dilihat sesekali sebagai pelajaran. HAHA bahasa gue! Sebagai pemimpi gue nggak cukup punya satu mimpi. Gue punya BANYAK mimpi terutama nikah sama Justin, kalo itu bisa disebut mimpi bukan ngekhayal. But, let’s just talk about dream. Kadang mimpi itu dikaitkan dengan bakat. Oke, mimpi yang gue maksud sekarang bukan mimpi kembang tidur tapi lebih ke cita-cita. Di buku Refrain yang baru aja gue baca, si tokoh bilang mimpi itu adalah, “Obsesi. Sesuatu yang menjadi penuntun hidup.” Benar. Dan apakah mimpi gue pengen keliling dunia itu termasuk penuntun hidup? Entahlah, yang jelas gue udah terobsesi dengan hal itu. Bagi gue apapun yang gue lakuin dan kerjain pada akhirnya suatu saat harus mengarah kesana, keliling dunia. Kalau cita-cita adalah tujuan hidup itu berarti kita harus punya bakat kesana. Masalahnya gue nggak tau punya bakat apa yang bisa ngebawa gue keliling dunia. Yang jelas kalo mau keliling dunia pasti harus punya banyak duit. HAHA

Gimana kalo keliling dunia gratis? Gue sempet memikirkan beberapa pekerjaan yang bisa membawa gue keliling dunia gratis misalnya, pramugari. Balik lagi ke pramugari, kayaknya tinggi badan gue kurang dua senti biar diterima jadi pramugari jadinya pekerjaan ini gue coret dari wishlist. Selain itu gue memutuskan untuk jadi tour guide soalnya bokap gue mantan tour guide yang sekarang jadi wiraswasta Tour&Travel. Dulunya sih beliau lebih sering ngeberangkatin jemaah ke tanah suci sekaligus sebagai guide-nya. Pekerjaan ini juga yang sering membawa beliau jalan-jalan gratis ke luar negeri walaupun cuma di Asia aja. Tapi kan yaa, lumayan juga daripada enggak sama sekali.  Sebagai seorang tour guide, kelemahan bokap gue cuma satu. Nggak fasih dalam bahasa Inggris. Itu makanya nggak pernah diajakin ke Negara barat. Hehee. Itu kenapa bokap gue ngeharusin gue bisa bahasa Inggris. Pada akhirnya komunikasi kan paling penting. Gue bangga sebagai mahasiswi komunikasi HAHA. Dulu gue sempet ngutarain keinginan gue buat jadi tour guide dan hasilnya diledek habis-habisan sama kakak dan bokap gue. Gue seorang yang nggak bisa ngomong ini pengen jadi tour guide? Very funny. Begitulah kira-kira tanggapan mereka. Gue jelas patah semangat. Lagi-lagi orang dalem sendiri yang mendorong gue untuk mundur.

Gue akui, dulu gue emang nggak pandai bergaul. Gue lahir sebagai anak yang nomaden. Tempat tinggalnya pindah-pindah dan nggak menetap. Gue gede dijalan antara pulau Jawa dan Kalimantan. Cerita sedikit, gue lahir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Empat puluh hari setelah kelahiran gue, gue sekeluarga pindah ke Jakarta dan menetap disana. Enam tahun kemudian nyokap gue sakit parah setelah ngelahirin adek gue dan meninggal. Gue dan kakak gue jadi anak ‘Galau’ antara ikut nenek di Banjarmasin atau bokap yang notabene punya kerjaan di Jakarta. Setelah para orang dewasa memutuskan. Akhirnya gue dan kakak gue diungsikan di rumah nenek. Waktu itu gue kelas dua SD dan kakak gue kelas empat. Kepindahan kami berdua nggak otomatis selamanya. Tiap liburan bokap sering jemput kami pulang ke Jakarta. Oke, sampe sini gue bingung sebenernya ‘rumah’ asli kami tu dimana! yang jelas selama beberapa tahun kemudian gue dan kakak gue bolak-balik Jakarta-Banjarmasin. Kita jadi sering bolos sekolah karena ‘meliburkan diri’. yang sebenernya liburan cuma dua minggu malah jadi dua bulan. Untungnya sebagai anak SD yang benci sekolah, bokap gue nggak ambil pusing sama hal itu. Prinsip bokap gue sekolah nomer dua. Nggak perlu nilai bagus yang penting naik kelas. HAHA bokap gue emang keren!

Sampe di liburan kenaikan kelas empat bokap gue mutusin buat mindahin sekolah kakak gue ke Jakarta. Itu pertama kalinya gue pisah sama kakak gue. Gue tetap tinggal di Banjarmasin nemenin adik bungsu gue. Gue jadi inget di awal-awal pisah gue sering nangis kejer kangen sama dia dan itu sangat aneh mengingat kalo ketemu hobi kita berdua juga berantem. Tapi perpisahan itu cuma setengah tahun. Pertengahan semester kelas empat gue ikutan pindah ke Jakarta. Nggak dimana-mana sekolah kita tetep aja keteteran. Selama di Jakarta gue sama kakak gue lebih sering ikut bokap berkelana mencari cinta. HAHA. Nggak taulah dulu itu ngapain. Antara kerja, berguru, sama mencari cinta, yang jelas gue sama kakak gue ngikut aja. Kita sering diajak jalan-jalan sampe ke pelosok-pelosok pulau Jawa Barat. Dan kalo inget tahun-tahun itu gue rasa itu tahun-tahun paling berkesan dihidup gue. Kadang gue masih suka nostalgia sama kakak gue inget waktu lagi seru-serunya berpetualang bareng bokap gue yang DUREN, duda keren HAHA. Pada akhirnya gue dan kakak gue pindah lagi ke Banjarmasin pas gue kelas enam SD tapi kebiasaan meliburkan diri masih berlangsung. Gue yang hampir lulus SD malah meliburkan diri berbulan-bulan pas pertengahan semester. Akhirnya karena gue bersikeras nggak mau pulang dan pihak sekolah harus ngirim data-data murid buat ikut UN akhirnya gue terpaksa di D.O. Nggak yang beneran di D.O sih tapi yaa begitulah. Gue di D.O. kalo inget kejadian itu kasian juga sih sama om dan nenek gue yang akhirnya mau nggak mau harus nyariin sekolah baru buat gue ikut UN dan lulus tepat waktu. Dan Alhamdulillah gue lulus walaupun nggak tau lah nilai gue jelek banget kayaknya. Gue nggak begitu meratiin ijazah. Baru setelah lulus SD dan bokap gue nikah lagi sama orang Sunda, akhirnya gue dan keluarga pindah buat ‘ngadem’ di Bogor sampe sekarang.

Anyway, back to the topic. Karena gue sering pindah-pindah sekolah sampe SMP akhirnya gue nggak punya banyak temen. Gue inget banget pas gue pindah sekolah di pertengahan semester kelas dua SMP gue hampir nggak punya temen selama setengah tahun. Bayangin, segitu pendiemnya gue dan nggak pinter bersosialisasi. Buat orang yang kenal gue pas SMA pasti bilang “boong banget, tuh. Risma kan bawel.” Haha, iya banget. Gue berusaha memperbaiki diri dari SMA jadi orang yang lebih terbuka terhadap diri sendiri. Karena aslinya gue bawel jadi ya gue bawel. Enggak ding, aslinya gue nggak bawel. Gue bawel waktu itu karena gue pengen diterima di lingkungan gue. Iya, awalnya gue berpura-pura tapi buat gue ini pura-pura yang bagus kok. Gue jadi lebih terbuka dengan lingkungan sekitar. Dunia ini emang nggak cukup buat jadi diri lo sendiri. Kadang kita emang perlu berpura-pura. Gue emang tertutup dari sononya dibandingkan kakak gue yang bawel. Sifat kita emang agak bertolak belakang. Itu kenapa hobinya dia, nyanyi, dikasih akses sama bokap karenda dia show off bakatnya. Sedangkan gue, mungkin bokap gue nggak tau hobi gue apa sampe diri gue sendiri aja nggak tau bakat dan hobi gue itu apa. Gue diem bukan berarti gue nggak bisa apa-apa.

Di awal tadi gue sempet bilang gue punya BANYAK mimpi. Hobi gue dari dulu tu copycats kakak gue. Mungkin karena gue nggak punya panutan lain selain dia. Bahkan baju gue sehari-hari harus dipilihin sama dia. Gue mulai gerah dan pengen jadi diri sendiri sejak SMP mungkin, lupa tepatnya yang pasti gue sadar ternyata gue nggak sama sama kakak gue. Tapi pada masa itu, ngeliat kakak gue yang latihan nyanyi tiap hari bikin gue jadi hobi nyanyi juga. Awalnya gue kira gue cuma ikut-ikutan karena diantara gue dan kakak gue tu kayak ada perjanjian tak tertulis kalo kita tu nggak boleh sama. Misalnya kalau lagi main Power Ranger, kalo dia milih jadi Power Ranger Pink gue nggak boleh suka sama Ranger Pink. Itu berati pilihan gue Ranger Kuning yang jenis kelaminnya sama-sama cewek. Yaa, gitu-gitu aja terus. Mungkin karena dia yang lebih tua dan gue biasa ngikut aja jadi dia emang lebih sering milih duluan. Nah, pikiran gue waktu itu nggak beda jauh. Kalo kakak gue hobi nyanyi itu berati gue nggak boleh hobi nyanyi juga. Kesimpulan ini gue tarik sendiri, itu berarti gue harus nentuin hobi yang lain. Beberapa kali gue coba nyari hobi gue sendiri. Gue coba ngegambar. Gue emang hobi ngegambar dan gue rasa gue jago banget. Jago banget dalam hal plagiat orang lain. Copycats gue masih suka kebawa-bawa jadinya tiap ada gambaran bagus suka gue tiruin. Hasilnya sama persis. Gue emang cukup detil buat ngikutin orang lain. Dan kayaknya masih kebawa sampe sekarang. Contohnya kalo ada penyanyi yang suaranya bagus dan lagunya enak. Gue suka nyanyiin lagunya dengan teknik vocal, cengkok, vibra, tinggi atau rendah yang sama persis sama penyanyi aslinya. Nggak peduli cewek atau cowok.  Pokoknya kalo nggak sama persis gue nggak akan berenti usaha buat nyamain kebagusan penyanyi itu. Walaupun yang pasti nggak akan sebagus itu tapi kalo gue rasa gue udah mencapai tahap maksimal itu berarti gue berhasil. HAHA. Yang jelas kalo gue ikut Indonesian Idol gue bakal diprotes keras karena nggak jago imrovisasi. Yaa, walhasil gue nggak bisa ngegambar kalo nggak ada contekannya. Ditambah lagi waktu gambaran-gambaran itu gue pajang di kamar dan dicopotin sama bokap. Rasanya ancur banget. Gue berasa bokap gue emang nggak ‘ngeliat’ bakat gue itu apa. Sejak saat itu gue berenti ngegambar walaupun plagiat.

Gue beralih. Sebagai orang yang cukup tertutup gue jadi lebih suka nulis ketimbang ngomong. Berhubung gue juga hobi baca novel jadi gue sering bikin cerpen atau novel amatiran. Dan sampe sekarang gue tetep suka nulis. Begitu juga nyanyi, gue sadar gue suka musik sekalipun gue nggak bisa main musik. Tapi rasanya sehari aja nggak denger musik itu kayak setahun tanpa hujan katanya Selena Gomez. Hehe. Lebih dari musik, gue suka nyanyi. Berawal dari keinginan gue ngikutin kakak gue sampe gue suka benerean. Entah waktu itu gue baru suka nyanyi karena kakak gue atau jauh sebelum itu gue emang udah suka. Karena dari kecil kita berdua emang lebih sering dicekokin sama lagu-lagu anak dan buku/majalah anak. Jadinya sampe sekarang gue suka musik, nyanyi , nulis dan baca. Walaupun buku pelajaran nggak termasuk dalam daftar buku bacaan gue HAHA. Iya, sebagai remaja gue lebih suka diajak ke Gramedia ketimbang shopping di mall. Bagi gue Gramedia itu surga dunia. Menyenangkan! Gue juga suka bau buku baru dicetak gitu. Baunya menyenangkan. Sesuatu deh pokoknya.

Balik lagi ke mimpi, jadi mimpi gue apa? Bakat gue apa? Gue sendiri jujur sejujur jujurnya masih bingung. Suatu saat gue pengen jadi penulis tapi gue belum pernah sekalipun nyoba kirim naskah ke penerbit. Ada aja terus halangannya. Mau jadi penyanyi, entah kenapa gue masih nggak pede untuk say it out loud. Yang pernah denger gue nyanyi baru satu atau dua orang aja. Tapi yang jelas dari semua hal itu gue pengen jadi sorotan. A center of attention. Pede banget gue ngomong gini. Gue emang orang yang agak tertutup dan nggak pedean tapi dari dalam hati gue yang paling dalam, eaa. Walaupun seribu kali gue ngehindar, hati gue selalu bilang kalo gue harus ‘dipandang’ sama orang. Kalo gue jadi penulis gue pengen banyak orang yang baca buku gue. Pengen liat buku gue dipajang di rak toko buku terkenal di Indonesia atau bahkan dunia. Atau kalo jadi penyanyi gue pengen suara gue bisa di dengar ratusan, ribuan atau lebih banyak orang lagi dari itu. Gue pengen nunjukin ke dunia kalo ini loh GUE. Gue tu seseorang yang punya bakat. Gue pendiem bukan berarti gue nggak bisa apa-apa. Gue pengen jadi SESUATU walaupun sesuatunya beda sama Syahrini.

Apapun itu, final. Gue fix pengen keliling dunia. Nggak ada yang bisa ngalahin mimpi gue yang satu itu. Nggak ngerti dari kapan yang jelas seinget gue, gue mulai pinter bahasa Inggris dari SMP. Nilai gue bagus-bagus dan memotivasi gue untuk berlaku sesuatu dengan bahasa itu. Barangkali kalo tekun gue bisa jadi sesuatu dengan ngegunain bahasa Inggris. Bahasa Inggris jadi mapel favorit gue. Dan pada saat itu gue memutuskan gue harus study ke luar negeri suatu saat. Gue coba bilang ke bokap. Waktu itu kelas 3 SMP. Gue bilang kalo kuliah nanti gue pengen ke Singapore. Bokap gue ternyata amat sangat setuju padahal bokap kan protektif banget. Gue main ke rumah tetangga aja suka nggak boleh. Tapi beliau malah bilang kalo bisa lebih jauh dari Singapore. Australia mungkin, atau Amerika sekalian. Kalo gue emang siap, why not? Apalagi kalo bokap gue mampu. Gue mencamkan itu dalam hati. Setiap kali denger kata ‘kuliah’ gue selalu ngeyakinin hati gue kalo ntar gue akan berangkat ke luar negeri saat gue kuliah nanti. Sampe SMA ternyata keadaan berkehendak lain. Kondisi ekonomi keluarga mulai menurun. Gue nggak bisa maksa bokap karena sekarang ada dua orang yang kuliah. Gue dan kakak gue. Gue nggak yakin bakal sanggup berangkat dengan biaya sendiri kecuali beasiswa. Itu juga nambah keraguan gue. Apa gue emang udah siap? Apa gue mampu hidup jauh dari keluarga? Gue mulai down dan menyerah. Mungkin emang belum jalannya. Tapi kenyataan yang lebih nyakitin gue adalah pada akhirnya gue harus masuk universitas yang sama dengan kakak gue, yang jauh-jauh hari udah gue wanti-wanti bakal jadi pilihan terakhir gue. Bokap gue bersikeras. Aturan tetep aturan. Gue nggak boleh jauh-jauh dari rumah. Gue harus tetep pulang sebelum jam 5. Paling banter setengah jam sebelum maghrib. Bokap gue bilang kalau mau kuliah yang jauh ya jauh sekalian. Diluar negeri jangan tanggung-tanggung biar nggak jadi pikiran keluarga. Gue nyerah. Gue ikutin kemauan orang tua gue yang notabene perantara antara gue dan Tuhan.

Masalahnya gue nggak tau apa mimpi gue bakal terwujud di tempat yang  jelas-jelas gue tolak mentah-mentah. Setau gue saat kita ngerasa nggak ngelakuin sepenuh hati ya kita akan mentok karena nggak ada kemauan. Tapi dari situlah gue belajar. Kalo gue nggak move on dan terus uring-uringan sama hidup gue kapan gue bisa maju. Gue mau belajar mensyukuri dimanapun keberadaan gue sekarang. Universitas apapun nggak akan menentukan gimana kehidupan gue kelak. Rejeki bisa datang dari mana aja. Mimpi bisa terwujud di mana aja. Sama sekali nggak pengaruh dimana kita tinggal, sekolah atau kuliah. Yang jelas kalau Tuhan berkehendak ya Kun Fayakun. Itu mutlak dan pasti karena itu janji Tuhan. Dalam menjawab pertanyaan hambanya, Tuhan cuma punya tiga jawaban. Iya, akan dikabulkan. Tunggu, jika waktunya tiba. Atau Tidak, karena ada hal yang lebih baik dari itu yang sudah disiapkan oleh-Nya. Dan gue percaya itu. Apa sih yang nggak bisa di dunia ini kalo kita minta langsung ke yang Maha Memiliki. Wong, segampang ngebalikin telapak tangan kok. Tentu dibarengi dengan usaha juga. Nah, gue sendiri nggak tau apa gue udah atau sedang mencapai titik usaha itu apa belum. Entahlah, yang jelas apa yang gue lakuin sekarang gue berharap ada pengaruhnya ke mimpi-mimpi gue entar. Inget, semua nggak ada yang sia-sia. Sekecil apapun perbuatan kita pasti akan menuai balasannya. Entah itu baik atau buruk. Yang jelas kalo buat gue hal pertama yang HARUS dilakukan itu BELIEVE. Pernah baca buku The Secret? Sama, gue juga nggak pernah. HAHA. Tapi buku ini fenomenal banget. Bokap gue bilang buku ini mengajarkan tentang kekuatan percaya. Kita cuma harus percaya di dunia ini dan semua yang kita percaya akan kejadian. Intinya sih begitu. Tapi bokap gue bilang jangan baca buku ini kalo ilmu dan iman agamanya belum kuat. Bisa-bisa jatohnya musyrik karena mungkin di buku ini lebih menjurus ke atheis. I dunno. Yang jelas konsep ini sama dengan yang diajarkan dalam islam. Bedanya jangan percaya sama dunia yang bisa ngabulin itu semua tapi ALLAH, pemilik seluruh alam jagad raya. Dan gue rasa gue yakin akan hal itu. Keinginan gue udah tinggi banget jadi apapun yang orang bilang gue tetep mikir kalo suatu saat mimpi gue bakal jadi kenyataan. Padahal nggak jarang juga gue mikir “Apa bisa ya? Kalo bisa gimana caranya?” dan saat itu gue down tapi tetep aja hati kecil gue bilang gimanapun itu yang jelas BISA. Misalnya, setiap gue liat kota New York, L.A, London, Paris, atau Tokyo di tivi, hati kecil gue, tanpa otak ngasih komando, langsung mikir suatu saat gue bakal kesana. Nggak tau gimana caranya. Mungkin itu efek percaya. Beda sama otak bilang percaya tapi hati kecil enggak. Yang harus percaya itu HATI bukan PIKIRAN.

Tuhan itu Maha Kaya, Maha Memberi, Maha Mendengar, Maha Melihat, Maha Mengetahui dan Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Kalo udah begini masa sih nggak bisa ngasih secuil kebaikan itu sama kita, para hamba-Nya. Mau keliling dunia? Gampang. Seluruh dunia ini kan ciptaan-Nya. Tinggal DIA yang menentukan dan menggerakan kaki kita kemana kita akan melangkah. Yang penting itu tadi, Percaya, berdoa, dan usaha. Manusia berencana Tuhan juga yang berkehendak. Tadi malem bokap gue bilang jangan pernah membatasi gerak-gerik diri kita sendiri. Misal, kita merencanakan besok harus dapet duit seratus ribu. Itu berarti kita menutup kesempatan dapat duit yang lebih banyak dari itu. Yang tadinya Tuhan mau ngasih berkali lipat dari seratus ribu karena kita membatasi diri sendiri ya jadinya cuma dapet segitu. Jangan berencana. Itu hal yang gue dapet karena gue hobi banget ngerencanain sesuatu. Kalo mau beli sesuatu, target gue harus dapet duit sesuai harganya sampe batas waktu tertentu. Dan jujur gue susah banget ngilangin kebiasaan ini. Dari sekarang gue mau belajar!

Gue udah menyimpulkan. Kunci dari semua itu adalah:
-Bersyukur
-Bersabar
-Memberi
-Shalawat
-Disiplin
-Jangan membatasi diri sendiri
-Percaya

Mulai hari ini gue mau belajar. Keliatannya nggak sulit tapi ya balik lagi ke disiplin. Kalo nggak disiplin percuma juga emang. Mungkin bertahun-tahun kemudian gue akan baca lagi tulisan ini. Dan kita lihat sama-sama apa gue akan membaca ini dengan senyum puas dan rasa bangga atau masih dengan perasaan yang sama dan PERCAYA. Kita lihat aja nanti, yang jelas NEVER SAY NEVER! 


3 komentar:

White Ranger mengatakan... Reply Comment

NEVER SAY NEVER !
DREAM DO COME TRUE WE JUST GOT TO BELIEVE IT.

*liat NYC di tv,gue : nanti gue tinggal di sana :D

Rismadilla Ulfah mengatakan... Reply Comment

I DO believe it! :')

Admin mengatakan... Reply Comment

Lam kenal sesama blogger

Posting Komentar

Photobucket